7 Tips Pertolongan Pertama Saat Terjadi Pendarahan

7 Tips Pertolongan Pertama Saat Terjadi Pendarahan - Pendarahan secara umum bisa diartikan kejadian keluarnya darah pada lokasi tubuh yang terluka. Pendarahan lebih baik dianggap sebagai sesuatu yang serius, karena tubuh manusia bisa hidup karena ada darah yang mengalir di dalamnya. Karena itu, sekecil apapun pendarahan haruslah segera ditangani.

7 Tips Pertolongan Pertama Saat Terjadi Pendarahan
7 Tips Pertolongan Pertama Saat Terjadi Pendarahan

Untuk itu jika Anda menjumpai pendarahan entah itu kecil atau besar, pertolongan pertama harus segera dilakukan untuk mencegah kejadian yang tak diinginkan. Intinya, pendarahan harus segera dihentikan atau paling tidakd dikurangi.

7 Tips menghentikan pendarahan:

- Tekan daerah dekat bagian tubuh yang terluka dan mengeluarkan darah untuk menghentikan darah mengalir.

- Tahan tekanan tersebut selama kurun waktu yang dianggap aman. Biasanya bergantung kecil besarnya luka.

- Jika memungkinkan, posisikan anggota tubuh yang terluka lebih tinggi dari kepala.

- Penekanan nadi pada ketiak akan sangat membantu ketika terjadi luka pada lengan.

- Gunakan bagian belakang telapak tangan untuk menekan nadi di pangkal paha bagian depan sedikit ke bawah.

- Luka di kepala belakang dan leher atasi dengan menekan nadi di leher (bawah telinga).

- Untuk mengatasi pendarahan pada wajah dan kepala, tekan nadi di rahang bawah. Bisa juga dengan menekan nadi di samping kepala (lokasinya di depan telinga).

Untuk membantu menghentikan keluarnya darah, bisa menggunakan bantuan alat sederhana seperti kain, tali atau saputangan. Gunakan apapun yang tidak berbahaya dan bisa membantu untuk menekan daerah dekat anggota tubuh yang terluka. Ikatan yang baik adalah ikatan yang kuat (hindari mengikat daerah leher yang bisa jadi menyebabkan sulit bernapas). Selang beberapa menit (1-10), ikatan bisa dilepas dan diikat kembali untuk melihat apakah darah sudah berhenti mengalir.

Jika darah sudah berhenti keluar, ikatan harus dilepaskan. Kompres bagian yang baru saja terjadi pendarahan dengan kain yang sudah disterilkan.

Yang tidak kalah penting, jika Anda sudah mencoba untuk melakukan penghentian pendarahan namun pendarahan begitu besar. Segeralah meminta bantuan medis atau langsung membawa korban ke rumah sakit terdekat bila memungkinkan